Tahanan Tewas dan Diduga Disiksa Masturbasi Pakai Balsem, Irjen Panca Diminta Turun Tangan

Sabtu, 11 Juni 2022 – 14:55 WIB
Tahanan Tewas dan Diduga Disiksa Masturbasi Pakai Balsem, Irjen Panca Diminta Turun Tangan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi Tahanan. Foto : Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Oknum polisi di Polrestabes Medan bernama Leonardo Sinaga diduga terlibat dalam kasus tewasnya seorang tahanan Hendra Syahputra.

Hendra Syahputra yang merupakan tahanan kasus pencabulan itu diduga tewas seusai diperas, dianiaya hingga dipaksa masturbasi menggunakan balsem, oleh sesama tahanan. Leonardo diketahui saat itu merupakan petugas penjaga RTP. 

Dalam kasus ini sendiri, ada enam orang terdakwa yang tengah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Medan.

Terkait dugaan keterlibatan oknum polisi itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan mendesak agar Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengungkap soal dugaan keterlibatan anak buahnya itu.

"LBH Medan sebagai lembaga yang konsern terhadap penegakan hukum dan HAM mendesak Kapolda Sumut dan Kapolrestabes Medan untuk mengatensi dan mengusut tuntas perkara ini," kata Wakil Direktur LBH Medan Irvan Saputra, Sabtu (11/6).

Irvan mengatakan bukan kali pertama oknum polisi di Sumut diduga ikut terlibat dalam kasus penyiksaan. Dia mengatakan ada  kasus-kasus penyiksaan lain yang juga melibatkan anggota Polri. 

"Hal ini mengambarkan banyak dugaan keterlibatan anggota kepolisian dalam praktik penyiksaan di Sumatera Utara, sehingga hal ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi Kapolda," sebutnya.

Oleh karena itu, LBH meminta agar Irjen Panca menindak tegas anak buahnya jika terbukti terlibat dalam kasus penyiksaan terhadap Hendra Syahputra ini. Dengan begitu, anggota Polri dapat menunjukkan tanggung jawabnya dalam menegakkan keadilan di masyarakat.

Hendra Syahputra yang merupakan tahanan kasus pencabulan itu diduga tewas seusai diperas, dianiaya hingga dipaksa masturbasi menggunakan balsem, oleh sesama tah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News