Bupati Vandiko Dorong Samosir Menjadi Destinasi Wisata Internasional Melalui Produk UMKM

Selasa, 07 Juni 2022 – 18:55 WIB
Bupati Vandiko Dorong Samosir Menjadi Destinasi Wisata Internasional Melalui Produk UMKM  - JPNN.com Sumut
Begini penampakan Kampung Ulos Hutaraja di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (2/2). Foto: Humas Kementerian PUPR

sumut.jpnn.com, SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) mendorong peningkatan kualitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan. Hal tersebut untuk mendukung program unggulan kabupaten itu di bidang UMKM.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menegaskan akan menjadikan daerah yang dipimpinnya itu menjadi salah satu destinasi wisata bertaraf Internasional. Salah satunya dengan meningkatka kreativitas dan inovasi pelaku souvenir yang memiliki diversifikasi produk dengan keunikan tersendiri tanpa menghilangkan budaya lokal.

Vandiko berharap dengan pelatihan terhadap UMKM di Samosir akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal, sehingga wisatawan punya banyak pilihan souvenir khas etnik Batak.

"Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produk UMKM. Jadilah pelaku UMKM yang berkarya dengan mengedepankan kecintaan terhadap Kabupaten Samosir dan mempertahankan serta meningkatkan citra masyarakat Samosir yang terkenal dengan keragaman kreasi budayanya," kata Vandiko.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Kopnakerperindag) Kabupaten Samosir Rista Siatnggang menjelaskan pelatihan kepada pelaku UMKM Samosir itu untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk-produk souvenir lokal.

Dia mengatakan ada 28 peserta pelaku UMKM yang akan mengikuti pelatihan yang digelar selama empat hari sejak tanggal 7-12 Juni, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

"Tujuan pelatihan ini untuk menumbuhkan ide, minat, dan motivasi bisnis bagi para pelaku UMKM agar mereka mampu melihat peluang bisnis dan pasar, serta meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM terkait pentingnya legalitas atau perizinan berusaha," kata dia di Pangururan, Selasa.

Rista mengatakan pihaknya akan terus mendorong peningkatan kualitas UMKM lokal yang menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Pemerintah Kabupaten Samosir mendorong peningkatan kualitas produk-produk UMKM untuk mewujudkan Samosir sebagai destinasi wisata bertaraf Internasional
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News