Lihat Potret Pohon Kurma yang Tumbuh Subur di Dataran Tinggi Sumut

Kamis, 02 Juni 2022 – 06:00 WIB
Lihat Potret Pohon Kurma yang Tumbuh Subur di Dataran Tinggi Sumut - JPNN.com Sumut
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang saat melihat pohon kurma milik Bena Ukur Tarigan, Rabu (1/6). Foto: Dinas Kominfo Sumut

sumut.jpnn.com, KARO - Tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, kini di Sumatera Utara (Sumut) saja masyarakat sudah bisa melihat secara langsung pohon kurma.

Pohon kurma itu tumbuh subur di dataran tinggi 750 mdpl tepatnya di Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo. Pohon kurma itu ditanam oleh seorang petani bernama Bena Ukur Tarigan.

Bena mengisahkan lahan kurma yang dimilikinya ada seluas 1.800 meter persegi dengan 200 batang pohon kurma yang terdiri dari 165 pohon betina dan 35 pohon jantan. Beberapa pohon berbuah setelah 3 tahun ditanam dan seluruhnya berbuah di tahun keempat.

"Bibit kurma ini saya dapatkan dari Inggris, merupakan hasil teknik kultur jaringan," ujarnya kepada Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah serta Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang datang berkunjung ke kebunnya, Rabu (1/6).

Dia berharap kedatangan Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah itu bisa mengembangkan kebun kurma di banyak tempat di Sumut. Bena pun mengaku siap membantu agar kebun kurma bisa tumbuh dan berbuah baik itu di dataran tinggi atau dataran rendah di Sumut.

"Semoga Bapak Wagub bisa mengembangkan tanaman kurma ini di Sumut. Saya juga mengucapkan terima kasih karena Pak Ijeck memberi semangat kepada saya supaya saya bekerja lebih profesional," ujarnya.

Sementara, Ijeck mengaku takjub dengan phon kurma milik Bena Ukur Tarigan itu. Hal itu juga menjadi pengalaman pertamanya melihat pohon kurma tumbuh subur di dataran tinggi 750 mdpl.

"Saya baru ini punya pengalaman hidup melihat pohon kurma tumbuh di dataran tinggi. Buahnya pun tak sekadar berbuah, tapi setelah saya rasa, sama seperti kurma ruthob yang dibeli di Madina. Ini luar biasa, berkah dari Tuhan untuk Bapak Bena dan warga," ujar Ijeck.

Tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, kini di Sumatera Utara (Sumut) saja masyarakat sudah bisa melihat secara langsung pohon kurma.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia