Irjen Panca Setop Kendaraan Pembawa Ternak dari Aceh Menuju Sumut, Cek Kesehatan Hewan

Rabu, 25 Mei 2022 – 11:05 WIB
Irjen Panca Setop Kendaraan Pembawa Ternak dari Aceh Menuju Sumut, Cek Kesehatan Hewan - JPNN.com Sumut
Irjen Panca saat mengecek kondisi hewan ternak untuk mengantisipasi PMK. Foto: Polda Sumut

sumut.jpnn.com, LANGKAT - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak meninjau Posko Satgas Terpadu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di perbatasan Sumut-Aceh tepatnya di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumut, Selasa (24/5).

Di sana, Irjen Panca turut mengecek distribusi ternak sapi baik yang datang dari Aceh menuju Sumut, maupun sebaliknya.

"Bagaimana kondisi sapinya, sehatkan? Ada buktinya surat sehatnya dari Dinas Kesehatan?" tanya Irjen Panca kepada pemilik sapi yang hendak mengantarkan sapinya dari Aceh ke Langkat.

Pemilik hewan ternak itu pun sontak langsung menunjukkan surat yang menyatakan kondisi hewan ternaknya dalam keadaan sehat.

"Oh, ini pak ada bukti surat kesehatannya. Kondisi sapi saya dalam kondisi sehat," jawabnya.

Jenderal bintang dua itu menyebut tujuan didirikannya posko di perbatasan Sumut-Aceh, untuk mengecek kondisi hewan ternak yang akan dibawa menuju ke Sumut. Dengan begitu, penularan PMK dapat dicegah.

"Personel yang bertugas di Posko Satgas Terpadu akan membatasi dan mengecek setiap pergerakan hewan ternak untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku," ujar Panca.

Menurut mantan Kapolda Sulawesi Utara itu, meminimalisir pergerakan hewan ternak menjadi salah satu upaya dalam menangani penularan. Selain itu, me-lockdown desa-desa di Sumut yang terkena wabah PMK juga menjadi satu solusi.

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak meninjau Posko Satgas Terpadu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di perbatasan Sumut-Aceh tepatnya di Ke
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News