Irjen Panca Sidak Peternakan di Langkat, Sampaikan Perintah Tegas

Selasa, 24 Mei 2022 – 19:30 WIB
Irjen Panca Sidak Peternakan di Langkat, Sampaikan Perintah Tegas - JPNN.com Sumut
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak saat sidak ke peternakan di Kabupaten Langkat, Selasa (24/5). Foto: Polda Sumut

sumut.jpnn.com, LANGKAT - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak inspeksi mendadak (sidak) ke peternakan di Desa Bukit Kubu, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Selasa (24/5).

Sidak itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hewan ternak.

Setibanya di lokasi, Jenderal bintang dua itu langsung mengecek kondisi sapi milik masyarakat untuk memastikan hewan ternak itu dalam kondisi sehat.

Berdasarkan data yang diterimanya, Panca menyebut saat ini ada 1.054 ekor sapi yang positif tertular PMK di Kabupaten Langkat.

Data tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Besitang 309 ekor, Kecamatan Pematang Jaya 466 ekor dan Kecamatan Pangkalan Susu 279 ekor.

"Kalau memang positif terkena PMK secepatnya dilakukan karantina agar tidak menularkan dengan sapi-sapi lainnya yang masih sehat," ujar Panca kepada Dinas Peternakan Kabupaten Langkat dan pemilik hewan ternak.

Mantan Kapolda Sulawesi Utara itu berharap dengan antisipasi yang dilakukan sejak dini dapat menghambat penyebaran PMK terhadap hewan ternak lainnya.

"Diharapkan dengan gerak cepat antisipasi ini, penularan PMK terhadap hewan ternak segera dapat diatasi," sebut Irjen Panca.

Sidak itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hewan terna
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia