Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Dimulai Bulan Depan, Presiden Jokowi akan Letakkan Batu Pertama

Kamis, 19 Mei 2022 – 20:54 WIB
Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Dimulai Bulan Depan, Presiden Jokowi akan Letakkan Batu Pertama - JPNN.com Sumut
Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman saat memimpin rapat persiapan revitalisasi Lapangan Merdeka, Kamis (19/5). Foto: Dinas Kominfo Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam waktu dekat merevitalisasi Lapangan Merdeka sebagai cagar budaya. Pengerjaan akan dimulai bulan depan.

Peletakan batu pertama menandai dimulainya proyek pengerjaan Lapangan Merdeka Medan itu akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (jokowi), yang direncanakan dilakukan pada Rabu (29/6) mendatang.

"Ada rencana, Bapak Presiden yang akan meletakkan langsung batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan nanti," kata Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman dalam Rapat Persiapan Revitalisasi Lapangan Merdeka, Kamis (19/5).

Terkait itu, Wiriya meminta agar semua harus benar-benar dipersiapkan baik itu dari segi administrasi, izin dan sebagainya.

"Semua harus berkolaborasi dan bekerja keras. Apalagi, sebelum dilakukan serah terima lokasi, kawasan Lapangan Merdeka harus sudah kosong," ujarnya.

Sebelum digelarnya peletakan batu pertama nantinya, Wiriya juga meminta agar Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan untuk menyiapkan surat yang ditujukan kepada instansi terkait agar mengosongkan Lapangan Merdeka Medan.

"Di Lapangan Merdeka itu kan ada Kantor Satlantas, Kantor Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Merdeka Walk dan toko buku. Jadi, sebelum revitalisasi dilakukan, institusi tersebut diberi surat resmi untuk melakukan pengosongan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis PKPPR Endar Sutan Lubis menyampaikan, ada beberapa instansi yang akan terdampak dari revitalisasi yang akan dilakukan, diantaranya Kantor Satlantas, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Merdeka Walk serta toko buku.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan merevitalisasi Lapangan Merdeka menjadi cagar budaya, mulai bulan depan.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News