Penting! Kemenkes Minta Dinkes di Indonesia Lakukan Ini untuk Antisipasi Hepatitis Misterius

Rabu, 04 Mei 2022 – 20:04 WIB
Penting! Kemenkes Minta Dinkes di Indonesia Lakukan Ini untuk Antisipasi Hepatitis Misterius - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Penanganan kesehatan, penyakit misterius mengintai Jakarta, WHO menyebut KLB, sudah ada korban jiwa. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan langkah-langkah mengantisipasi terkait temuan kasus Hepatitis misterius yang belum diketahui Etiologinya.

Salah satunya mengimbau Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia untuk melakukan pemantauan dan pelaporan.

Mengutip Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK.02.02/C/2515/2022, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia diminta memantau dan melaporkan kasus sindrom jaundice akut di Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

Adapun gejala yang bisa dilaporkan ditandai dengan kulit dan sklera berwarna ikterik atau kuning dan urin berwarna gelap yang timbul secara mendadak.

"Memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat serta upaya pencegahannya melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," bunyi SE tersebut, dikutip pada Rabu (4/5).

Surat yang ditandatangi oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu itu juga meminta Dinas Kesehatan untuk menginformasikan kepada masyarakat agar segera mengunjungi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat apabila mengalami sindrom jaundice.

Kemudian, Dinas Kesehatan juga perlu membangun dan memperkuat jejaring kerja surveilans dengan lintas program dan lintas sektor, terutama Dinas Pendidikan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, dan/atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Jika ditemukan peningkatan kasus sindrom jaundice akut, Dinas Kesehatan harus melaporkannya kepada Dirjen P2P Maxi melalui Public Health Emergency Operation Centre (PHEOC), telepon atau WhatsApp ke 0877-7759-1097, atau e-mail ke poskoklb@yahoo.com.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau Dinas Kesehata di Indonesia untuk mengantisipasi dugaan penyakit Hepatitis Akut yang telah ditemukan di Jakarta
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia