Hepatitis Misterius Ancam Anak-anak, WHO Sebut KLB, Sudah Ada Korban Jiwa di Jakarta

Rabu, 04 Mei 2022 – 02:23 WIB
Hepatitis Misterius Ancam Anak-anak, WHO Sebut KLB, Sudah Ada Korban Jiwa di Jakarta - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Penanganan kesehatan. Penyakit misterius mengintai Jakarta, WHO menyebut KLB, sudah ada korban jiwa. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat diminta untuk mewaspadai tentang adanya penyakit misterius yang kini tengah mengancam anak-anak.

Penyakit misterius hepatitis diduga telah mengakibatkan tiga kematian di Jakarta.

Meski demikian, pakar kesehatan yang juga Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Prof Dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan perlu pembuktian laboratorium terkait hal ini.

"Akan baik kalau ada penjelasan lebih perinci tentang perbedaan fatalitas atas laporan satu meninggal dari 170 kasus di dunia dan tiga yang meninggal di Indonesia," ujar Prof Tjandra saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (3/5).

Dalam laporan resmi Kementerian Kesehatan disebutkan tiga pasien yang ditemukan di Jakarta dialami kelompok usia anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo, Jakarta.

Pasien diduga mengalami hepatitis akut hingga meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua pekan terakhir hingga 30 April 2022.

Menurut Tjandra Yoga Adhitama laporan itu belum menyertakan keterangan hasil laboratorium hepatitis A,B,C dan E pada ke tiga kasus yang ditemukan.

"Data dunia menyebutkan bahwa kejadian hepatitis yang banyak dibahas ini maka hasil laboratorium hepatitis A-E negatif."

Penyakit misterius kini tengah mengancam.Jakarta, telah ditemukan tiga kasus meninggal dunia. WHO menyatakan penyakit tersebut sebagai kejadian luar biasa (KLB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News