Dua Anak di Sumut Diduga Terinfeksi Hepatitis Misterius, Begini Kata Kadis Kesehatan

Senin, 09 Mei 2022 – 19:16 WIB
Dua Anak di Sumut Diduga Terinfeksi Hepatitis Misterius, Begini Kata Kadis Kesehatan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Penanganan kesehatan. Penyakit misterius mengintai Jakarta, WHO menyebut KLB, sudah ada korban jiwa. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dua anak di Sumatera Utara (Sumut) diduga terinfeksi penyakit Hepatitis Misterius.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis menyebut bahwa hal tersebut belum dapat dipastikan. Namun, kedua anak itu memang memiliki gejala yang mengarah ke Hepatitis Misterius

"Ada dua dicurigai anak, tapi belum dipastikan. Dia memang demam, diare, tapi itu belum pasti," kata Ismail kepada wartawan, Senin (9/5). 

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal itu menyebut informasi dugaan terinfeksi penyakit itu diperolehnya dari stafnya. Meski begitu, sejauh ini pihaknya masih meneliti lebih lanjut soal dugaan tersebut. 

Untuk mewaspadai penyakit tersebut, Ismail mengatakan pihaknya tetap berpedoman dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Dirjen P2P Kemenkes. 

Dia juga meminta agar masyarakat yang mengalami atau mengetahui soal Hepatitis itu, agar segera melaporkannya kepada Dinas Kesehatan atau Fasilitas Kesehatan terdekat. 

"Saya berharap agar masyarakat yang memiliki anak atau keluarga, jika mengalami diare, mual muntah disertai demam, kuning badannya atau matanya sudah kuning, cepat dibawa ke faskes supaya jangan terlambat," imbau Ismail. 

Dalam hal pencegahan, Ismail mengingatkan agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disertai memakan makanan yang matang dan minum air yang telah direbus mendidih.

Dalam mewaspadai Hepatitis ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga telah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Dr Zainal dari RSUPH Adam Malik, Medan. (mcr22/j
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News