IDAI Keluarkan Rekomendasi Protokol Penanganan Hepatitis Misterius Akut pada Anak

Kamis, 05 Mei 2022 – 18:00 WIB
IDAI Keluarkan Rekomendasi Protokol Penanganan Hepatitis Misterius Akut pada Anak - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Penanganan kesehatan, penyakit misterius mengintai Jakarta, WHO menyebut KLB, sudah ada korban jiwa. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan rekomendasi tata laksana penanganan penyakit Hepatitis misterius akut dengan gejala berat pada pasien anak.

Hepatitis misterius akut tersebut sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

"Bagi tenaga medis, telah dipersiapkan tata laksana maupun protokol penanganan pasien secara detail dan sudah disampaikan ke mereka," kata Dokter Anak Konsultan Gastrohepatologi Hanifah Oswari saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang diikuti dari Zoom di Jakarta, Kamis siang.

Berdasarkan dokumen rekomendasi IDAI terhadap penanganan Hepatitis Akut Pada Anak yang terbit per 5 April 2022 disebutkan saat ini pemeriksaan Hepatitis D dan Hepatitis E belum tersedia secara luas di Indonesia.

Karena keterbatasan itu, maka skrining awal cukup diperiksakan terhadap Hepatitis A, B, dan C. Tenaga kesehatan yang bertugas juga wajib melaporkan tanpa memandang penyebab yang lain.

Alur penapisan kasus probable Hepatitis akut pada anak difokuskan pada anak usia di bawah 16 tahun dengan diagnosa awal gejala kuning pada kulit badan dan mata, sakit perut akut, diare akut, mual atau muntah, penurunan kesadaran atau kejang, lesu, myalgia atau arthlalgia.

Jika proses diagnosa medis mengarah pada gejala tersebut, maka pemeriksaan berlanjut pada potensi peningkatan enzim hati (SGOT/SGPT). Bila angkanya di atas 500 u/L, ada kecenderungan terinfeksi Hepatitis.

IDAI merekomendasikan agar pemeriksaan berlanjut pada IgM anti-HAV untuk mendeteksi adanya antibodi IgM terhadap virus Hepatitis A.

IDAI mengeluarkan rekomendasi bagi penanganan penyakit Hepatitis akut bergejala berat yang saat ini belum diketahui penyebabnya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News