Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah: Ini Memberi Nilai Tambah Bagi Petani

Kamis, 14 Maret 2024 – 19:33 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah: Ini Memberi Nilai Tambah Bagi Petani - JPNN.com Sumut
Presiden Joko Widodo meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah (PMMM) di Kawasan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN II, Desa Pagar Merbau II Kecamatan Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah (PMMM) yang berada di Kawasan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN II di Desa Pagar Merbau II, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (14/3).

Presiden Jokowi mengatakan pabrik pengolahan minyak makan merah ini menjadi yang pertama kali dan mampu menjadi nilai tambah bagi petani sawit terutama yang sudah dalam bentuk koperasi.

Jokowi menyebut berdasarkan jumlah, Indonesia memiliki lebih dari 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit dan 40,5 persen adalah milik petani.

"Artinya ada 6,2 juta hektare milik petani dan kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri," kata Presiden Jokowi.

"Jadi, harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun, karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah," tambah presiden.

Peresmian PMMM tersebut dilakukan dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke sejumlah daerah di Sumatera Utara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku senang karena harga minyak makan merah lebih murah dari minyak goreng yang ada di pasaran.

Menurutnya, minyak goreng merah bisa bersaing di pasar dengan harga yang kompetitif. Sedangkan secara kualitas, kata dia, vitaminnya tidak hilang. Vitamin A, vitamin E, dan nutrian-nutrian yang lain itu masih ada di minyak yang dipakai untuk menggoreng apapun.

Presiden Jokowi resmikan pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News