Polda Sumut Bentuk Tim Pengamanan Khusus Berstandar VIP Bagi Capres dan Cawapres Selama Kampanye di Sumut

Senin, 04 Desember 2023 – 17:06 WIB
Polda Sumut Bentuk Tim Pengamanan Khusus Berstandar VIP Bagi Capres dan Cawapres Selama Kampanye di Sumut - JPNN.com Sumut
Polda Sumut menyiapkan pasukan khusus pengamanan bagi capres dan cawapres selama kampanye di Sumut dengan menerapkan standar VIP. Foto/Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) telah membentuk tim khusus pengamanan bagi calon presiden dan calon wakil presiden selama masa kampanye Pemilu 2024 di Sumatera Utara (Sumut) dengan standar VIP.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan menjaga keamanan selama kampanye berlangsung, Polri memberikan tugas dan tanggung jawab kepada Direktorat Pengamanan Objek Vital Koorsabhara Baharkam Polri, demikian juga dengan Polda Sumut.

“Satuan pengamanan yang proporsional dan profesional diperlukan dalam mengantisipasi berbagai bentuk gangguan keamanan terhadap orang yang berstatus VIP,” kata Kombes Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (4/12).

Mantan Wadir Lantas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini mengatakan satuan pengamanan VIP terdiri dari beberapa unit yang akan melekat selama berkegiatan di Sumatera Utara.

Dia mengatakan unit yang melekat denga kegiatan VIP tersebut, yakni tim advance, tim Pengawalan, tim escort, tim pengawal pribadi, tim pemukul dan tim medis.

“Pembentukan tim pengamanan selama kampanye Pemilu 2024 ini menindaklanjuti Instruksi Mabes Polri berdasarkan kerja sama Polri dan KPU dalam memberikan pengamanan dan pengawalan kepada capres dan cawapres,” ungkap Kombes Hadi.

Sebelumnya, Kombes Hadi Wahyudi mengatakan Polda Sumut menyiapkan ribuan personel polisi yang dibekali dengan keterampilan khusus serta sarana dan prasarana yang matang untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

Polda Sumut juga menyiapkan dua tim pengawal khusus bagi capres dan cawapres yang datang ke Sumatera Utara selama masa kampanye.

Polda Sumut menerapkan standar VIP untuk pengamanan calon presiden dan wakil presiden selama masa kampanye Pemilu 2024 di Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News