Prabowo Subianto Berhasrat Jadikan Indonesia Negara Industri: Perdagangan Bebas Harus Adil

Selasa, 14 November 2023 – 08:00 WIB
Prabowo Subianto Berhasrat Jadikan Indonesia Negara Industri: Perdagangan Bebas Harus Adil - JPNN.com Sumut
Calon presiden 2024 Prabowo Subianto berhasrat menjadikan Indonesia sebagai negara industri dan meminta perdagangan bebas menganut norma keadilan dan kesetaraan. Foto: Ricardo/JPNN

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga bakal calo presiden Prabowo Subianto menginginkan aturan main yang adil dan setara atau fair playing field dalam perdagangan bebas. Dia mengatakan jika terpilih sebagai presiden akan menjadikan Indonesia sebagai negara industri.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto saat sesi tanya jawab dalam forum diskusi yang digelar Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta, Senin (13/11).

“Pada prinsipnya kita perlu mempertahankan perdagangan bebas, tetapi ada prinsip lain yang sangat penting bagi kita, yaitu prinsip kesetaraan, yaitu prinsip keadilan,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini tak memungkiri bahwa perdagangan bebas sangat penting bagi Indonesia, tetapi dia menginginkan adanya keadilan dalam prosesnya, termasuk soal pengolahan bahan mentah di dalam negeri.

Menurut Prabowo, Indonesia berhak mengelola sumber daya alam sendiri secara mandiri.

“Jadi, kalau soal bahan baku, kami merasa itu hak kami, hak masyarakat kami untuk mau maju, seperti Jepang,” ujar Prabowo.

Dia menegaskan Indonesia menginginkan menjadi negara industri dan tak ingin lagi menjadi negara dengan masyarakat berpenghasilan rendah.

Kendati demikian, kata mantan Danjen Kopassus era Orde Baru ini, dia juga tidak menutup diri terhadap investasi dari luar. Dia justru membuka peluang bagi semua negara dan pengusaha yang ingin berinvestasi.

Bacapres Prabowo Subianto mengkritisi kondisi perdagangan bebas yang terkesan tidak memberikan rasa adil dan setara bagi Indonesia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News