KPU Sumut: Anggaran Pilkada Serentak 2024 di Sumut Rp 705 Miliar

Rabu, 27 September 2023 – 20:33 WIB
KPU Sumut: Anggaran Pilkada Serentak 2024 di Sumut Rp 705 Miliar - JPNN.com Sumut
Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sumatera Utara mengajukan anggaran Rp 705 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Komisioner KPU Sumut Robby Effendi mengatakan anggaran tersebut telah diajukan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Anggaran yang kami ajukan sudah dilakukan pembahasan oleh pemangku kebijakan terkait dan sudah ditandatangani,” kata Robby, Selasa (26/9).

Dia mengatakan anggaran diajukan KPU Sumut tersebut turun dari anggaran Pilkada sebelumnya. Pada Pilkada sebelumnya anggaran yang diajukan Rp 855 miliar lebih.

"Turun (anggarannya), mungkin karena 2024 di Sumut banyak agenda ya, seperti PON 2024," ucap Robby.

Robby mengatakan anggaran yang diajukan tersebut akan digunakan berbagai hal seperti pembuatan tempat pemilihan suara (TPS), membeli alat tulis kantor, konsumsi, honor petugas Linmas, termasuk juga sosialisasi dan alat peraga kampanye pasangan calon.

"Selain itu, juga untuk biaya tes kesehatan pasangan calon, verifikasi pasangan calon yang bisa saja harus melakukan verifikasi ke luar daerah, bimtek, rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait, sewa gudang, transportasi pengangkatan logistik dan yang lainnya," tutur Robby.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengatakan bahwa sekitar 40 persen APBD Sumut 2024 akan disiapkan untuk membiayai pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Sumut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut menyebut mengajukan anggaran Pilkada 2024 di Sumut sebesar Rp 705 miliar
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia