Sukarelawan Rumah Jokowi Deklarasikan Dukung Ganjar Pranowo, Alasannya demi Pembangunan Berkelanjutan

Kamis, 01 Juni 2023 – 06:00 WIB
Sukarelawan Rumah Jokowi Deklarasikan Dukung Ganjar Pranowo, Alasannya demi Pembangunan Berkelanjutan - JPNN.com Sumut
Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo. Dokumen DPP PDIP

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Sukarelawan Rumah Jokowi mendeklarasikan dukungannya kepada bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum Rumah Jokowi Yonathan Yongki dalam keterangan tertulis mengatakan keputusan mendukung Ganjar Pranowo itu karena dinilai sebagai pemimpin yang mampu menjamin pembangunan yang berkelanjutan.

"Alasannya karena kami menyimpulkan pemimpin yang menjamin akan terjadi pembangunan berkelanjutan itu adalah Ganjar Pranowo. Hal tersebut yang menyebabkan pendukung perwakilan Jokowi akan mendukung secara penuh Ganjar," kata Yongki seusai mendeklarasikan dukungan Rumah Jokowi terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, di kawasan Menteng, Rabu (31/5).

Selain menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo, Yonathan juga menyampaikan aspirasi dari para relawan yang tidak menginginkan bila Ganjar dipasangkan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres mendatang.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa sukarelawan Rumah Jokowi akan tetap mendukung Ganjar apabila pada akhirnya tetap dipasangkan dengan Prabowo Subianto.

"Kami yang berkumpul di sini basisnya adalah kemandirian dan program. Urusan pencapresan atau cawapres secara langsung itu bukan urusan kami. Ganjar sudah diusung oleh PDIP dan kami bisa terima serta akan mendukung untuk menyukseskannya," ungkapnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden dimulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Sukarelawan Rumah Jokowi mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News