PDIP Tetapkan Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024, Presiden Jokowi: Dia Dekat dengan Rakyat

Jumat, 21 April 2023 – 14:44 WIB
PDIP Tetapkan Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024, Presiden Jokowi: Dia Dekat dengan Rakyat - JPNN.com Sumut
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023). Foto: Antara/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

sumut.jpnn.com, BOGOR - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menilai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Hal tersebu disampaikan Jokowi menyikapi penunjukan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024 dari PDI Perjuangan.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah dan sangat ideologis," kata Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam Rapat DPP ke-140 menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden usungan partai untuk Pemilu 2024.

Presiden Jokowi mengatakan proses pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 semakin dekat.

"Sekarang ini saatnya rakyat perlu segera mengetahui siapa pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, agar rakyat punya kesempatan yang memadai untuk menilai dan menentukan pilihannya," kata Jokowi.

Dia pun mengaku sangat mengapresiasi Megawati Soekarnoputri, selaku Ketua Umum PDI Perjuangan, yang langsung mengumumkan keputusan untuk menjadikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden.

"Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah Undang-Undang Dasar (Negara RI 1945) kita, tapi pergantian pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu," jelasnya.

Presiden RI Joko Widodo menilai sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat dan ideologis
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News