Ukraina Diterima Sebagai Kandidat Anggota Uni Eropa, Zelenskyy: Ini Kemenangan

Jumat, 24 Juni 2022 – 13:45 WIB
Ukraina Diterima Sebagai Kandidat Anggota Uni Eropa, Zelenskyy: Ini Kemenangan - JPNN.com Sumut
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melakukan wawancara dengan beberapa media Rusia melalui tautan video, saat serangan Rusia terhadap Ukraina berlanjut, di Kiev, Ukraina, 27 Maret 2022. (ANTARA/HO-Kepresidenan Ukraina via Reuters/as)

sumut.jpnn.com, BRUSSEL - Ukraina akan diterima secara formal sebagai kandidat untuk bergabung dengan Uni Eropa pada Kamis. Hal itu merupakan langkah geopolitik yang berani setelah Rusia melakukan invasi ke negera tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut langkah Uni Eropa (EU) menerima negaranya sebagai calon anggota sebagai kemenangan.

"Ini adalah kemenangan," kata Zelenskyy sambil tersenyum dalam video singkat yang diunggah ke akun Instagram-nya, Kamis (23/6).

Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina telah menunggu 30 tahun untuk momen tersebut. Dia berjanji akan terus berusaha sampai Rusia kalah dan Ukraina bergabung dengan EU.

"Kita bisa mengalahkan musuh, membangun kembali Ukraina, bergabung dengan EU, dan kemudian kita bisa beristirahat," kata dia dengan suara rendah.

"Atau mungkin kita tidak akan beristirahat sama sekali, anak-anak kita akan kecewa. Tetapi tanpa keraguan, kita akan menang," tutur Zelenskyy.

Para pemimpin EU secara resmi menerima Ukraina sebagai kandidat untuk bergabung dengan blok ekonomi dan politik Eropa beranggotakan 27 negara tersebut.

Keputusan itu merupakan langkah geopolitik berani yang dipuji oleh Ukraina dan EU sendiri sebagai momen bersejarah.

Uni Eropa menjadikan Ukraina sebagai calon anggota UE saat invasi Rusia masih berlangsung di negara tersebut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia