Jurnalis Rusia Lelang Hadiah Nobel Perdamaian Demi Anak Ukraina yang Terdampak Perang

Selasa, 21 Juni 2022 – 18:38 WIB
Jurnalis Rusia Lelang Hadiah Nobel Perdamaian Demi Anak Ukraina yang Terdampak Perang - JPNN.com Sumut
Arsip - Dmitry Muratov, kepala redaksi surat kabar investigatif Rusia, Gazeta. (ANTARA/Reuters)

sumut.jpnn.com, MELBOURNE - Seorang jurnalis di Rusia salah satu peraih Hadiah Nobel Perdamaian 2021, Dmitry Muratov menyumbangkan seluruh uang hasil lelang medali Nobel-nya untuk anak terdampak perang di Ukraina.

Dmitry Muratov adalah editor sebuah surat kabar independen Rusia. Dia menyumbangkan hasil lelang medali Nobel yang diterimanya yang terjual dengan harga 103,5 juta dolar AS atau setara Rp1,53 triliun.

Lelang tersebut digelar bertepatan denga Hari Pengungsi Sedunia pada Senin (20/6). Heritage Auctions, penyelenggara lelang, selruruh dana hasil lelang diserahkan kepada Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) untuk membantu anak-anak yang terusir dari rumah mereka di Ukraina.

Muratov bersama surat kabar tempatnya bekerja, Novaya Gazeta, kerap mengeritik Presiden Vladimir Putin dan pemerintahannya.

Namun, sejak Maret koran tersebut menangguhkan kegiatan mereka di Rusia setelah diberi peringatan oleh pemerintah Rusia terkait reportase peperangan yang dilakukan di Ukraina.

Tekanan terhadap media-media liberal Rusia terus terjadi di bawah pemerintahan Putin yang menjabat sejak 1999. Tekanan itu kian meningkat setelah Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.

Bahkan, Muratov sendiri pernah diserang dengan cat merah pada April.

Media-media arus utama dan organisasi-organisasi yang dikendalikan negara secara ketat mengikuti bahasa yang digunakan oleh Kremlin untuk menggambarkan konflik dengan Ukraina.

Seorang jurnalis peraih Nobel Perdamaian 2021 menyumbangkan seluruh hasil lelang medali Nobel-nya untuk membantu anak-anak terdampak perang di Ukraina
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News