Uni Eropa Didesak Ikuti Langkah Afrika Selatan Seret Israel ke ICJ Atas Genosida di Gaza

Rabu, 17 Januari 2024 – 20:55 WIB
Uni Eropa Didesak Ikuti Langkah Afrika Selatan Seret Israel ke ICJ Atas Genosida di Gaza - JPNN.com Sumut
Sejumlah warga Palestina memeriksa bangunan yang hancur setelah serangan udara Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada 5 Januari 2024. Foto: Antara/Xinhua

sumut.jpnn.com, ANKARA - Parlemen Eropa mulai mendesak Uni Eropa melakukan tindakan nyata sebagaimana yang dilakukan Afrikas Selatan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) dengan tuduhan melakukan pembantaian atau genosida di Gaza, Palestina.

Desakan itu disampaikan anggota Parlemen Eropa dari Irlandia, Clare Daly, dalam pidato kerasnya dengan mengatakan bahwa karena tindakan-tindakan yang meliputi pembunuhan puluhan ribu warga sipil dan bombardemen tanpa henti di Gaza, Israel telah kehilangan dukungan dari masyarakat dunia.

Daly mengkritik Israel atas apa yang disebutnya aksi "provokatif" untuk memicu konflik regional. Dia menuduh negara itu mencari bantuan dari Amerika Serikat untuk menghindari tanggung jawab.

Pernyataan pedas Daly juga ditujukan kepada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan AS.

"Seperti yang kita lihat di Yaman, Biden si penjagal sedang bersiap bekerja sama dengan Si Nyonya Genosida (von der Leyen). Mereka yang memastikan terorisme Israel terus berlanjut. Jika bukan karena mereka, perang itu telah berakhir sejak dulu," kata Daly.

Anggota Parlemen Eropa dari Partai Hijau Ciaran Cuffe juga menekankan pentingnya menyeret Israel dan Benjamin Netanyahu diperkarakan karen telah melanggar hukum internasional.

Cuffe menyoroti krisis kemanusiaan di Gaza, di mana bombardemen tanpa henti Israel telah menghambat pengiriman bantuan vital dan obat-obatan sehingga anak-anak dioperasi tanpa bius.

Legislator Eropa lainnya dari Finlandia, Heidi Hautala, mendesak gencatan senjata permanen di Gaza, dengan alasan sulitnya memenuhi kebutuhan medis dasar akibat bombardemen Israel.

Anggota Parlemen Eropa serempak mendesak Uni Eropa turut menyeret Israel ke Mahkamah Internasional seperti yang dilakukan Afrika Selatan atas tuduhan genosida
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News