Rusia Kerahkan Jet Tempur SU-30 Cegat Pesawat Nirawak Amerika Serikat

Minggu, 06 Agustus 2023 – 19:37 WIB
Rusia Kerahkan Jet Tempur SU-30 Cegat Pesawat Nirawak Amerika Serikat  - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Jet tempur MiG-31K milik Rusia membawa rudal hipersonik Kinzal. Foto: Kremlin.ru

sumut.jpnn.com, MOSKOW - Rusia menerjunkan jet tempur SU-30 untuk menghalau kendaraan udara nirawak (UAV) MQ-9A Reaper milik Amerika Serikat yang terpantau mulai mendekati Laut Hitam.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu (5/8) mengatakan pihaknya mengerahkan SU-30 setelah mendeteksi sebuah kendaraan udara. Misi itu dilakukan untuk mencegah pelanggaran perbatasan.

“Awak tempur pesawat Rusia mengidentifikasi target di udara sebagai UAV pengintai MQ-9A Reaper milik Angakatan Udara AS,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Setelah jet tempur Rusia mendekat, UAV tersebut dilaporkan mundur dari perbatasan.

"Jet tempur Rusia kembali ke pangkalan dengan aman, tidak membiarkan adanya pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia. Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai aturan internasional yang mengatur penggunaan perairan netral di wilayah udara," lanjutnya.

Pada 14 Maret, Komando Eropa AS (EUCOM) mengumumkan bahwa dua pesawat Su-27 Rusia mengganggu UAV MQ-9 AS di atas Laut Hitam.

Pesawat nirawak MQ-9 tersebut kemudian jatuh ke perairan internasional.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan UAV MQ-9 AS melanggar area terlarang sementara yang diberitahukan kepada semua pengguna wilayah udara karena "operasi militer khusus" Ukraina, yang sesuai dengan standar internasional.(Anadolu/antara/jpnn)

Rusia mengerahkan jet tempur SU-30 untuk menghalau pesawat nirawak Amerika Serikat yang hendak memasuki kawasan Laut Hitam

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News