Prestasi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 kembalikan Kepercayaan kepada Pemain Muda

Jumat, 19 Mei 2023 – 17:30 WIB
Prestasi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 kembalikan Kepercayaan kepada Pemain Muda - JPNN.com Sumut
Suporter menyambut kedatangan Timnas U-22 Indonesia setelah sukses merengkuh medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

sumut.jpnn.com, MEDAN - Saktiawan Sinaga berharap prestasi Timnas Indonesa U-22 mendapatkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja mampu mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan klub-klub profesional di Liga 1 dan 2 terhadap pemain muda.

Penyerang tim nasional Indonesia era 2000-an ini mengatakan para pemain muda harus diberi ruang untuk mengasah kempuan dalam menunjang karier.

"Mental pemain muda harus terasah di kompetisi domestik. Tanpa adanya jam terbang, omong kosong mereka bisa berprestasi di timnas," ujar Saktiawan di Medan, Kamis (18/5).

Dia menyebut prestasi yang ditorehkan pemain muda dengan meraih medali emas di SEA Games 2023 merupakan hasil dari kebijakan klub-klub Liga 1 yang memberikan kesempatan merumput bagi sosok-sosok belia.

Saktiawan Sinaga mengapresiasi tim-tim seperti Barito Putera, Persija dan Persebaya yang menelurkan pemain-pemain muda berbakat seperti Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Amiruddin Bagas Kaffa dan Ernando Ari.

Mereka termasuk beberapa nama yang menjadi pilar timnas U-22 yang sukses merengkuh medali emas SEA Games 2023 Kamboja, yang menjadi prestasi pertama Indonesia sejak 32 tahun lalu.

"Medali emas ini hasil pembinaan pemain muda di kompetisi," kata Saktiawan.

Pria yang semasa aktif memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2004 dan 2007 itu pun mengusulkan agar Elite Pro Academy digelar secara teratur.

Saktiawan Sinaga berharap berharap torehan prestasi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 meningkatkan kepercayaan klub-klub profesional kepada pemain muda
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia