Atlet Sumut Sumbang 7 Medali Emas untuk Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja

Kamis, 18 Mei 2023 – 21:35 WIB
Atlet Sumut Sumbang 7 Medali Emas untuk Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja - JPNN.com Sumut
Abdul Hafiz salah seorang atlet lembar lembing asal Sumatera Utara yang turut menyumbangkan emas bagi Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) John Ismadi Lubis mengapresiasi prestasi yang ditorehkan atlet asal Sumatera Utara pada SEA Games 2023 Kamboja.

Pasalnya, para atlet asal Sumut menyumbang tujuh medali emas, tiga perak dan delapan perunggu, untuuk kontingen Indonesia.

Jhon Ismadi mengatakan Sumatera Utara mengirim 20 atlet untuk memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja. Dari jumlah itu, 16 atlet di antaranya berhasil menyumbangkan medali.

"Dari 20 atlet asal Sumut yang membela Indonesia, 16 di antaranya berhasil meraih medali. Meskipun demikian para peraih medali itu tidak semuanya akan tampil di PON 2024," ujar John Lubis di Medan, Kamis (18/5).

Dia mengatakan dari 20 atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia itu, kemungkinan hanya 16 orang yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Hal tersebut karena cabang yang dipertandingkan di PON berbeda dengan di SEA Games. Misalnya, kun bokator yang tidak akan dipertandingkan di PON mendatang.

"Kun bokator merupakan cabang olahraga baru di SEA Games 2023. Memang ada empat atlet asal Sumut yang tampil di cabang itu. Tapi tidak apa-apa, sebab 16 atlet lainnya merupakan yang terbaik di Indonesia," ungkapnya.

Tujuh medali emas tersebut masing-masing disumbangkan pebalap sepeda Dara Latifah dari nomor MTB eliminator putri dan MTB cross country relay mixed, Delbert Tanoto dari cabang esport nomor valorent, Toni Kristian Hutapea dari kick boxing.

Atlet asal Sumatera Utara (Sumut) menyumbang tujuh medali emas untuk kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News