Maroko Ukir Sejarah Baru Bagi Benua Afrika, Melaju ke Piala Dunia

Minggu, 11 Desember 2022 – 01:49 WIB
Maroko Ukir Sejarah Baru Bagi Benua Afrika, Melaju ke Piala Dunia - JPNN.com Sumut
Pemain dan fan Maroko bersukacita di Doha. Foto: Showkat Shafi/Al Jazeera

sumut.jpnn.com, QATAR - Maroko tampil memukau dan memastikan diri melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Portugal dalam pertandingan perempat final di Al-Thumama Stadium, Doha pada Sabtu malam WIB.

Skuad asuhan Walid Regragui ini ternyata menorehkan sejarah baru sekaligus mengukir prestasi bagi Benua Afrika dan negara Arab pada umumnya. Mereka mencatatkan diri sebagai satu-satunya wakil Afrika yang berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia.

Tim berjuluk 'Singa Atlas' itu memastikan kemenangan dari Portugal setelah gol tunggal Youssef En-Neysri bertahan hingga akhir pertandingan.

Belum ada sejarah negara Benua Afrika yang berhasil melangkah sejauh yang ditorehkan Maroko. Misalnya, Kamerun (tahun 1990), Senegal (2002) dan Ghana (2010), harus kandas pada babak delapan besar.

Gol kemenangan Maroko itu terjadi pada menit ke-42 berkat kolaborasi apik dua pemain tim wakil Afrika Utara itu sesaat sebelum turun minum.

Berawal dari umpan matang Yahia Attiat Allah dari arah kiri luar kotak penalti Portugal dan mengarah tepat di depan gawang yang dijaga Diogo Costa.

Umpan tersebut disambut Youssef En Nesyri melalui duel udara dengan Diogo. Bola pun melesak dan mengoyak gawang Portugal.

Sejak menit awal pertandingan, Portugal sudah membuka peluang, yakni saat laga baru berjalan lima menit. Sebuah umpan dari sisi kanan disambut Joao Felix dengan diving header, tetapi bola masih bisa ditepis keluar oleh kiper Yassine Bounou.

Maroko berhasil mencatatkan dan mengukur sejarah baru bagi Benua Afrika dengan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Portugal
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News