BMKG Laporkan Empat Titik Panas Terpantau di Sumatera Utara

Selasa, 30 Januari 2024 – 16:54 WIB
BMKG Laporkan Empat Titik Panas Terpantau di Sumatera Utara - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memantau sejumlah titik panas yang tersebar di beberapa wilayah di Sumut. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terdapat empat titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan Balai BMKG Wilayah I Medan Nora Sinaga mengatakan empat titik panas itu terpantau berdasarkan pantauan Sensor Modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20.

Dia menjelaskan keempat titik panas itu masing-masing dua titik berada di Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), satu titik di Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo.

“Sedangkan satu titik lainnya berada di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang,” kata Nora Sinaga, Selasa (30/1).

Nora mengatakan pihaknya telah menyampaikan sebaran titik panas tersebut kepada pihak-pihak terkait.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

BMKG juga mengingatkan masyarakat terkait potensi cuaca dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpotensi berawan di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan di beberapa wilayah, seperti Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Padangsidempuan, Mandailing Natal dan Kepulauan Nias, berpotensi hujan ringan.

BMKG menyebut terpantau empat titik panas (hotspot) di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, berikut lokasinya...
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News