Waspada Cuaca Panas, Dinkes Sumut Imbau Warga Hindari Asupan Dingin

Rabu, 26 April 2023 – 17:32 WIB
Waspada Cuaca Panas, Dinkes Sumut Imbau Warga Hindari Asupan Dingin - JPNN.com Sumut
Dinas Kesehatan Sumut mengimbau warga mengurangi asupan cairan dingin saat cuaca panas. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) mengimbau masyarakat agar mengurangi asupan cairan dingin saat cuaca panas yang mulai terjadi beberapa hari belakangan.

Kepala Seksi Pelayanan Primer Dinas Kesehatan Sumut dr Yulia Mariana mengatakan mengonsumsi asupan dingin saat badan berada pada suhu tertentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

"Suhu badan kita ada di kisaran 36 derajat Celsius. Jadi, ketika dimasukkan air dingin, itu seperti timah panas disiram air. Tidak semua tubuh manusia bisa menerima itu," ujar dr Yulia Mariani, Rabu (26/4).

Dia mengatakan bagi yang ingin tetap menyantap asupan dingin, sebaiknya cairan tersebut harus bersuhu tidak kurang dari 20-25 derajat Celsius.

Kendati demikian, dia menyarankan agar masyarakat mengutamkan mengonsumsi air minum saat suhu panas terjadi.

Data BMKG mencatat peningkatan suhu harian di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Sumatera Utara.

Pada periode 11-20 April 2023, misalnya, suhu panas di kisaran 36 derajat Celcius terdapat di beberapa unit kerja BMKG, salah satunya Stasiun Geofisika Deli Serdang dengan suhu 36,2 derajat Celcius.

"Untuk orang dewasa, harus bisa mengatur asupan minumnya biar jangan kurang. Namun, untuk anak-anak harus dibantu dan terus diingatkan," kata Yulia.

Dinas Kesehatan Sumatera Utara mengimbau warga mengantisipasi dampak buruk dari asupan cairan dingin saat cuaca panas
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News