Waspada Gangguan Kejiwaan, Begini Ciri-ciri Gejala Awal ODGJ

Jumat, 16 Februari 2024 – 06:00 WIB
Waspada Gangguan Kejiwaan, Begini Ciri-ciri Gejala Awal ODGJ - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Kehidupan pasien dengan gangguan kejiwaan di Yayasan Al Fajar Berseri Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jabar. Foto: Pradita Kurniawan Syah/Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Gangguan kejiwaan adalah sindrom yang memengaruhi pikirian, perasaan, dan perilkau seseorang sehingga menyebabkan disfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Gangguan kesehatan jiwa ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor terutama genetik dan lingkungan.

Lalu, bagaimana mengenali gejala awal orang dengan gangguan jiwa? Simak penjelasan dari psikolog klinis berikut ini.

Ella Titis Wahyuniansari, psikolog klinis dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya menjelaskan ciri-ciri gejala awal orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), baik yang level ringan maupun berat.

Dia menyebut secara umum gejala awal yang dialami ODGJ adalah perubahan perilaku maupun emosi yang secara tiba-tiba dan cenderung ekstrem.

“Biasanya tanda-tanda awal itu ada yang sedihnya berkepanjangan, mengalami sedih sepanjang waktu atau justru senang terus gitu tanpa sebab, kemudian bisa juga mendadak kebingungan terus, atau tidak mampu konsentrasi, selalu gelisah pengennya mondar-mandir,” kata Ella di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/2) malam.

Ella menjelaskan gejala lain yang bisa dilihat dari seseorang yang terindikasi ODGJ adalah mendadak takut bertemu dengan orang lain, mengurung diri di kamar dan enggan beraktivitas lain.

“Biasanya dia menarik diri, cenderung lebih pendiam di kamar, nggak mau aktivitas, perilakunya aneh gitu ya, kadang-kadang jendela ditutup semua, jangan sampai ada cahaya yang masuk gitu,” kata Ella.

Selain itu, lanjutnya, seorang penderita ODGJ juga bisa menunjukkan gejala awal seperti tidak mampu mengatasi kegiatan atau tanggung jawab yang biasa dilakukan setiaphari, misalnya makan, mandi, dan tidur teratur.

Gangguan kejiwaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, terutama genetik dan lingkungan. Kenali ciri-ciri gejala gangguan kejiwaan berikut ini..
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia