Toksik Bisa Merusak Kesehatan Mental, Segera Hindari!

Senin, 24 Oktober 2022 – 09:36 WIB
Toksik Bisa Merusak Kesehatan Mental, Segera Hindari! - JPNN.com Sumut
Kesehatan mental pada anak muda. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com - Kesehatan mental sangat berpengaruh besar dalam proses pengembangan diri. Oleh sebab itu, ahli kesehatan jiwa menyarankan untuk menghindari hal-hal yang merusak kesehatan mental, salah satunya toksik.

Dokter spesialis kedokteran jiwa dr Zulvia Oktanida Syarif dari Universitas Indonesia mengatakan menghindari lingkungan dan orang-orang toksik perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

"Hindari lingkungan serta orang-orang toksik yang memberi dampak negatif pada diri," kata pengurus pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJ) itu Senin (24/10).

Dia mengatakan selain menghindar toksik, dokter yang karib disapa Vivi itu juga mengatakan kesehatan mental juga dapat dijaga dengan menghindari alkohol dan NAPZA.

Dikutip dari Webmd, orang-orang toksik adalah orang yang kehadirannya menciptakan banyak masalah dalam hidup seseorang, begitu juga rasa tidak nyaman dan stres.

Sebagai gantinya, carilah lingkungan dan orang-orang yang memberikan dampak positif terhadap hidup. Kelola juga stres dan terapkan gaya hidup sehat.

Kesehatan mental erat kaitannya dengan kesehatan raga, oleh karena itu dia menyarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat dan olahraga secara teratur.

"Untuk menjaga kesehatan mental, penting untuk mengonsumsi makanan maupun minuman sehat yang mengandung protein dan omega-3 seperti kacang-kacangan, salmon, dan lain sebagainya," kata dia.

Berada di lingkungan dan orang-orang toksik akan berbahaya bagi kesehatan mental, segera hindari
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News