BMKG Prediksi Curah Hujan di Kota Medan Menurun pada Januari 2024

Rabu, 03 Januari 2024 – 08:00 WIB
BMKG Prediksi Curah Hujan di Kota Medan Menurun pada Januari 2024 - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi curah hujan di Kota Medan pada Januari 2024 akan menurun dibanding Desember 2023. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprakirakan curah hujan di Kota Medan, Sumatera Utara, pada Januari 2024 akan menurun dibanding Desember 2023.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan curah hujan diperkirakan lebih rendah dari Desember 2023 yang merupakan puncak musim penghujanan.

“Kami prediksi puncak musim hujan memang terjadi di Desember lalu, dan pada Januari curah hujan di Kota Medan akan lebih rendah,” kata Budi Prasetyo di Medan, Selasa (2/1).

Budi mengatakan meski curah hujan lebih rendah dari bulan sebelumnya, Kota Medan dan Sumatera Utara secara umum masih berada pada puncak musim hujan yang mulai terjadi pada Desember 2023.

Musim puncak hujan ini diperkirakan akan berakhir pada Februari 2024. Oleh sebab itu, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini diprediksi akan dilanda hujan dengan intensitas yang bervariasi.

“Saat ini masih puncak, tetapi intensitas hujan cenderung menurun hingga bulan depan. Cuaca sepekan ke depan di Medan akan berawan, tetapi masih ada potensi hujan bersifat lokal," beber Budi.

Sedangkan Provinsi Sumatera Utara secara umum pekan ini perlu mewaspadai hujan dengan intensitas tinggi di wilayah pantai barat dan pegunungan, seperti Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan Dairi.

“Untuk wilayah lereng barat pegunungan itu waspadai longsor. Perlu juga waspada akan banjir bandang dan lainnya di pantai barat, lereng barat, pegunungan dan sekitarnya,” pungakasnya.(antara/jpnn)

BMKG prediksi curah hujan di Kota Medan akan menurun pada Januari 2024, tetapi sebagian wilayah harus tetap waspada

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News