Sanggam Hutapea Ungkap Peran Penting Rizal Ramli Kembangkan Pariwisata Danau Toba

Kamis, 04 Januari 2024 – 08:00 WIB
Sanggam Hutapea Ungkap Peran Penting Rizal Ramli Kembangkan Pariwisata Danau Toba - JPNN.com Sumut
Keindahan Danau Toba dilihat dari Geosite Sipinsur yang merupakan salah satu Geosite Geopark Kaldera Toba. Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, SUMATERA UTARA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengungkap peran penting mendiang mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli (RR) dalam pengembangan pariwisata Danau Toba.

Sanggam menyebut Rizal Ramli telah meletakkan dasar pengembangan Danau Toba dengan pembentukan Badan Otorita Danau Toba (BODT).

"RR sangat berperan dalam membentuk Badan Otorita Danau Toba (BODT)," kata Sanggam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/1).

Dia menyebut Rizal Ramli turut berperan dalam mendorong penandatanganan kesepakatan bersama oleh tujuh bupati yang masuk dalam kawasan Danau Toba untuk membentuk BODT pada 2016.

"Apa yang dilakukan RR telah memberi landasan dan arah pengelolaan Danau Toba," ujarnya.

Menurut Sanggam, RR yang memberikan ide pertama kali untuk mengembangkan kawasan wisata Danau Toba, sebagaimana Monaco yang ada di Eropa.

Dalam mewujudkan Danau Toba sebagai ‘Monaco dari Asia’, Rizal mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah sekaligus masyarakat setempat.

"Saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Bapak Rizal Ramli. Selamat jalan sahabat, damailah di sisi-Nya," kata Sanggam.

Mendiang mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli ternyata berperan penting dalam pengembangan kawasan Danau Toba
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News