Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir

Senin, 25 Desember 2023 – 16:43 WIB
Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai dampak hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas lebat akan terjadi di sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa hari ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir yang dapat terjadi akibat hujan lebat.

“Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di lereng Barat, lereng Timur dan pegunungan Sumatera Utara. Hujan dengan intensitas lebat ini berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor,” kata Endah.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan, pada pagi hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di beberapa wilayah seperti Kota Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, diprakirakan berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat.

Hujan lebat diprediksi akan mengguyur wilayah Simalungun, Pematangsiantar, Langkat, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padang Lawas, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, lanjut Endah, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sebagian wilayah Sumatera Utara.

Sementara beranjak dini hari, hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Padangsidempuan, Padanglawas dan sekitarnya.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News