147 Pengungsi Rohingya Terdampar di Kabupaten Deli Serdang

Senin, 01 Januari 2024 – 22:25 WIB
147 Pengungsi Rohingya Terdampar di Kabupaten Deli Serdang - JPNN.com Sumut
Pengungsi Rohingya tiba Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara karena kapal terdampar, Minggu (31/12/2023). Foto: Antara/HO-Polres Pelabuhan Belawan

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Kapal yang membawa 147 pengungsi etnis Rohingya terdampar di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (31/12).

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban mengatakan dari jumlah yang terdampar 55 di antaranya merupakan anak-anak.

“Tercatat dari 147 orang itu terdiri dari 53 laki-laki, perempuan 39 orang, anak laki-laki 25 orang dan anak perempuan 30 orang,” kata AKBP Janton, Minggu malam.

Dia menjelaskan sebelum terdampar di Desa Karang Gading, tiga perahu yang ditumpangi pengungsi korban konflik ini berlayar dari Aceh.

Namun, satu di antara kapal yang membawa etnis Rohingya ini pada pukul 06.30 WIB mengalami kebocoran.

"Pada Minggu, 31 Desember 2023 kapal yang mengalami kebocoran tersebut bersandar ke pulau di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli," kata Janton.

AKBP Janton mengatakan diduga calo yang membawa ratusan pengungsi ini melarikan diri dengan dua kapal lainnya.

“Langkah kepolisian yang telah dilakukan diantaranya memasang police line di lokasi, koordinasi dengan Pemerintah Deli Serdangang, koordinasi dengan imigrasi, UNHCR dan lainnya,” kata Janton.

Ratusan etnis Rohingya ditemukan terdampar di pantai Desa Karang Gadang, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News