Kedubes Polandia Berencana Bangun Tugu Ludwig Michalski, Si Pencetus Nama Polonia di Kota Medan

Rabu, 20 Desember 2023 – 16:18 WIB
Kedubes Polandia Berencana Bangun Tugu Ludwig Michalski, Si Pencetus Nama Polonia di Kota Medan - JPNN.com Sumut
Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia Piotr Firlus ketika ditemui di Medan, Rabu (13/12/2023). Foto: Antara/Michael Siahaan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kedutaan Besar Polandia berkeinginan membangun monumen berupa tugu untuk mengenang sosok Ludwig Michalski, warga Polandia yang diyakini sebagai orang yang memberi nama “Polonia” semasa Kesultanan Deli, yang saat ini menjadi Medan Polonia.

Keinginan tersebut telah disampaikan Polandia melalui Wakil Duta Besar Polandia Piotr Firlus pada 13 Desember 2023 dan telah mendiskusikannya dengan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman.

Piotr menyebut keberadaan tugu atau prasasti Ludwig Michalski akan mempererat hubungan Polandia dengan Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

“Kami sangat senang dengan adanya jejak Polandia di Kota Medan. Kami ingin mengabadikannya dan itu bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat Polandia untuk datang dan berwisata ke Medan,” kata Piotr.

Masyarakat Polandia, kata dia, cukup dekat dengan kisah Ludwig Michalski. Namun, cerita itu belum begitu diketahui warga Medan.

Menanggapi keinginan Kedutaan Besar Polandia itu, Pemkot Medan melalui Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kota Medan Lilik mengatakan masih mempertimbangkan pengajuan pembangunan tugu Ludwig Michalski itu.

Dia mengatakan sebelum tugu tersebut dibangun Pemkot Medan akan melakukan kajian terkait sejarah dan keberadaan warga Polandia semasa Kesultanan Deli tersebut. Hal tersebut untuk menyamakan persepsi tentang kesejarahan wilayah Medan Polonia.

“Kami akan mempelajari dahulu tentang sejarahnya,” kata Lilik di Medan, Selasa (19/12).

Kedubes Polandia akan membangun tugu Ludwig Michalski di Medan Polonia yang diyakini sebagai pemberi nama Polonia semasa Kesultanan Deli
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News