Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah Intervensi Harga Pangan yang Melonjak

Jumat, 17 November 2023 – 08:00 WIB
Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah Intervensi Harga Pangan yang Melonjak - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Program Mobil pasar murah keliling Pemkot Medan untuk menstabilkan pasokan dan harga di pasaran. Foto: Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Provinsi Sumatera Utara akan menggelar pasar murah sebagai upaya untuk menekan tingginya harga kebutuhan pangan di pasaran.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sumut Mulyadi Simatupang mengatakan pasar murah akan digelar di halaman kantor Disperindag dan ESDM Sumut pada setiap akhir pekan.

“Tujuan pasar murah ini sebagai salah satu upaya menekan harga kebutuhan pangan yang kian melonjak di pasaran,” kata Mulyadi Simatupang, Kamis (16/11).

Dia menjelaskan pasar murah dilakukan selain sebagai upaya mengendalikan harga juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat ditengah tingginya harga pangan.

Mulyadi mengatakan harga kebutuhan pangan di sejumlah wilayah di Sumatera Utara masih cukup tinggi, meski komoditas pangan di Sumut mengalami surplus.

“Dari data Dinas Pertanian Sumut menyatakan bahwa sejumlah komoditas pangan mengalami surplus, tetapi di lapangan harga masih tinggi. Seharusnya, dengan kondisi surplus, harga-harga akan turun,” kata Mulyadi.

"Pasar murah kami lakukan ini, bersumber dari dana APBD Sumut dan ada swadaya kelola, artinya di luar APBD. Subsidi bekerja sama dengan produsen. Kami juga meminta kepada produsen, ikut bersama bagaimana memikirkan rakyat, menengah bawah dalam kondisi harga kebutuhan pokok merangkak naik," imbuhnya.

Mulyadi mengatakan selain mengadakan pasar murah di Kota Medan, pihaknya juga mengimbau pemeritah daerah di Sumut agar melakukan intervensi harga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disperindag dan ESDM Provinsi Sumut akan menggelar pasar murah sebagai upaya intervensi terhadap harga komoditas pangan yang kian melonjak di Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia