PHRI: Okupansi Hotel di Kawasan Danau Toba Naik 80 Persen Jelang Jetski Dunia

Kamis, 16 November 2023 – 16:23 WIB
PHRI: Okupansi Hotel di Kawasan Danau Toba Naik 80 Persen Jelang Jetski Dunia - JPNN.com Sumut
Hotel Khas Parapat di Parapat, Sumatera Utara, yang dikelola dan dioperasikan oleh Hotel Indonesia Group, operator jaringan hotel milik BUMN. Foto: Antara/HO-PT Hotel Indonesia Natour

sumut.jpnn.com, MEDAN - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatera Utara menyebut okupansi hotel di kawasan Danau Toba melonjak menjelang perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023 atau jetski dunia.

Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana mengatakan kenaikan okupanasi hotel dalam gelaran jetski dunia menikat hingga 80 persen.

"Sudah meningkat di angka 80 persen okupansi hotel di kawasan Danau Toba," kata Denny S Wardhana, di Medan, Kamis (16/11).

Dia menjelaskan okupansi hotel di empat kabupaten tempat berlangsungnya Aquabike Jetski World Championship 2023, yaitu Samosir, Karo, Dairi, dan Toba, diperkirakan akan penuh ketika kejuaraan olahraga air internasional itu berlangsung.

Jumlah okupansi hotel itu meningkat dengan adanya kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) grand final yang juga dihelat di Danau Toba pada 24-26 November 2023.

"Bisa jadi, hotel penuh pada kejuaraan dimulai . Tetapi, wisatawan yang tidak dapat menginap di hotel, bisa diganti dengan penginapan di rumah warga maupun guest house," ungkap Denny.

Denny menyebut gelaran olahraga berskala nasional dan internasional di kawasan Danau Toba akan menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal dan mancanegara datang yang secara otomatis akan meningkatkan okupansi hotel.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan dalam ajang "sport tourism" atau wisata olahraga ini diproyeksikan mampu mendongkrak pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari target 1,2 miliar menjadi 1,4 miliar pergerakan.

PHRI Sumut menyampaikan jumlah okupansi hotel di kawasan Danau Toba meningkat 80 persen menjelang gelaran olahraga internasional jetski dunia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia