Dukung Urban Farming, Ibis Styles Medan Luncurkan Kitchen Garden

Sabtu, 11 November 2023 – 08:00 WIB
Dukung Urban Farming, Ibis Styles Medan Luncurkan Kitchen Garden - JPNN.com Sumut
Sales Manager ibis Styles Medan Pattimura Alfi Dika (kanan) bersama Lurah Darat, Kecamatan Medan Baru, Mikha Tarigan saat peluncuran Kitchen Garden di ibis Style Medan Pattimura. Foto: Dok. ibis Stayle Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pertanian urban diyakini menjadi salah satu solusi untuk mendukung ketahanan pangan rumah tangga di perkotaan dengan memanfaatkan ruang menjadi lahan hijau yang produktif. Hal ini yang dilakukan Ibis Style Medan dengan meluncurkan Kitchen Garden pertama yang bekerja sama dan berkolaborasi dengan urban farming di Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Peluncuran taman dapur tradisional (Kitchen Garden) ini sebagai wujud komitmen dari manajemen hotel di bawah naungan Accor Group untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan yang berkesinambungan.

Kitchen Garden pertama ini berlokasi di pelataran parkir ibis Style Medan Pattimura di Jalan Pattimura Kota Medan diluncurkan pada Rabu (8/11) yang dihadiri Lurah Kelurahan Darat Mikha Tarigan.

“Ini sebagai wujud komitmen kami dalam mendukung program urban farming Pemkot Medan,” kata Alfi Dika selaku Senior Sales Manager ibis Styles Medan Pattimura, Jumat (10/11).

Dia selain itu sebagai wujud dukungan, ibis Styles Medan Pattimura juga akan membagikan bibit tanaman yang dapat ditanam di daerah sempit atau daerah tempat tinggal masyarakat yang bisa menjadi sumber pangan.

“Jadi, diharapkan melalui bibit-bibit tanaman ini bisa menjadi sumber pangan atau bisa juga dijual kembali sebagai sumber penghasilan,” ujar Alfi.

Alfi juga menerangkan bahwa pihak ibis Style Medan Pattimura nantinya akan memanfaatkan beberapa lahan kosong di area parkir untuk dijadikan area Urban Farming atau Kitchen Garden yang rencana akan ditanami berbagai macam jenis tanaman organik dan kolam ikan yang bisa dimanfaatkan kembali untuk diolah menjadi hidangan bagi para tamu.

“Jadi konsepnya itu, kami menanam sendiri tanaman organik yang nanti bisa kami olah menjadi sumber pangan sehat untuk disajikan kepada tamu-tamu kami. Kami juga memanfaatkan momen ini dan mengajak tamu tamu ibis Styles Medan Pattimura untuk memanen tanaman dan ikan tersebut secara langsung. Kitchen Garden ini bisa diakses oleh tamu tamu yang ingin merasakan langsung memetik tanaman dan menangkap ikan yang akan dimasak dan disajikan untuk disantap,” tutur Alfi Dika.

ibis Styles Medan meluncurkan Kitchen Garden sebagai wujud dukungan program urban farmin Pemkot Medan dalam mewujudkan ketahanan pangan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News