Pelabuhan Silalahi Diharap Beroperasi untuk Mendukung Aquabike Jetski di Danau Toba

Selasa, 07 November 2023 – 18:00 WIB
Pelabuhan Silalahi Diharap Beroperasi untuk Mendukung Aquabike Jetski di Danau Toba - JPNN.com Sumut
Bupati Dairi Eddy Berutu saat meninjau Pelabuhan Silalahi. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, DAIRI - Pemerintah Kabupaten Dairi berharap pelabuhan penyeberanagan Silalahi yang berada di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, bisa segera beroperasi untuk mendukung gelaran Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba, Sumatera Utara pada 22-26 November 2023.

Bupati Dairi Eddy Berutu berharap saat pagelaran Jetski dunia itu berlangsung, pelabuhan yang berada di Desa Paropo itu juga sudah beroperasi guna mendukung arus transportasi pengunjung menuju lokasi perhelatan olahraga internasional tersebut.

"Pelabuhan sudah siap dioperasikan. Dari hasil diskusi dengan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, Rijaya S dan jajaran, kami ingin pelabuhan sudah diresmikan sebelum Aquabike digelar," kata Eddy Berutu, Selasa (7/11).

Dia mengatakan dermaga tersebut bisa menjadi penyeberangan transportasi alternatif saat Aquabike digelar sambil menikmati keindahan Danau Toba.

"Opsinya kami ingin minggu ini segera diresmikan," tambahnya.

Dermaga yang dibangun dalam rangka mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba itu telah dimulai pelaksanaan pembangunannya sejak 2021 oleh Kementerian Perhubungan yang bersumber dari APBN Tahun 2021 menyedot anggaran sebesar Rp12,3 Miliar.

Pembangunan pelabuhan penyeberangan atau dermaga tersebut merupakan wujud tekad Pemkab Dairi dalam membangun sektor perhubungan khususnya di Kabupaten Dairi.

"Anggaran pembangunan pelabuhan ini merupakan usulan Pemkab Dairi. Kita harapkan dermaga ini segera beroperasi dan akan menjadi ikon," katanya.

Pemkab Dairi berharap pelabuhan penyeberangan Silalahi bisa beroperasi untuk mendukung gelaran Aquabike Jetski di Danau Toba
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News