Israel Kian Barbar, BBM Rumah Sakit Indonesia di Gaza Sekarat, Menlu Retno: Waktu Tersisa 48 Jam

Rabu, 01 November 2023 – 19:19 WIB
Israel Kian Barbar, BBM Rumah Sakit Indonesia di Gaza Sekarat, Menlu Retno: Waktu Tersisa 48 Jam - JPNN.com Sumut
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. Foto: Antara/HO-MER-C

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mendesak agar pasokan bahan bakar segera masuk ke Gaza. Pasalnya, bahan bakar di dua rumah sakit yang beroperasi di Gaza, Palestina, termasuk Rumah Sakit Indonesia, dalam kondisi sekarat.

Dia mengatakan berdasarkan informasi terkini, pasokan bahan bakar Rumah Sakit Indonesia yang digerakkan oleh relawan MER-C hanya bertahan hingga 48 jam sebelum generator utama mati total.

"Dari komunikasi kita dengan relawan MER-C yang ada di lapangan, diperoleh informasi bahwa waktu yang tersisa adalah kurang lebih 48 jam sejak tadi pagi, sebelum generator utama (rumah sakit itu) mengalami shut down (mati),” kata Retno dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (1/11).

Pemerintah Indonesia, kata Retno, terus mendesak agar pasokan bahan bakar, air bersih dan bahan pokok, menjadi kebutuhan utama penduduk Gaza segera masuk, ditengah pertempuran yang terjadi antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas.

“Dengan situasi sekarang ini, kita intensifkan komunikasi agar bahan bakar dapat segera masuk ke Gaza dengan alasan kemanusiaan. Sekali lagi dengan alasan kemanusiaan,” ujar Retno.

Kementerian Kesehatan Palestina merilis peringatan bahwa generator utama di dua rumah sakit di Gaza, yaitu RS Al Syifa Medical Complex dan RS Indonesia, akan mati jika tidak ada tambahan pasokan bahan bakar.

Pasokan bahan bakar menjadi sangat penting agar kedua rumah sakit tersebut bisa terus beroperasi untuk merawat para korban konflik Israel-Palestina.

"Desakan ini disampaikan agar bahan bakar bisa masuk untuk tujuan kemanusiaan, salah satunya untuk rumah sakit. Karena dalam hitungan jam, Gaza akan kehabisan bahan bakar dan rumah sakit tidak bisa berfungsi,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal.

Rumah Sakit Indonesia di Gaza dalam kondisi kritis bahan bakar, Menlu Retno Marsudi mendesak dunia Internasional agar segera membuka akses ke Palestina
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News