Bandara di Kabupaten Madina Hampir Rampung, Gubernur Edy: Sudah 50 Persen, Desember Mulai Beroperasi

Rabu, 30 Agustus 2023 – 16:10 WIB
Bandara di Kabupaten Madina Hampir Rampung, Gubernur Edy: Sudah 50 Persen, Desember Mulai Beroperasi - JPNN.com Sumut
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Malintang, Kabupaten Mandailing Natal. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumut

sumut.jpnn.com, MANDAILING NATAL - Gubernur Sumatera Uara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebut pembangunan bandar udara Malintang di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, dalam beberapa bulan ke depan akan selesai dan beroperasi.

Edy Rahmayadi menyebut pembangunan bandara baru di Sumut itu sudah mencapai 50 persen.

“Pengerjaan sudah mencapai 50 persen. Untuk landasan pacu (runway) sudah diaspal tetapi belum rampung dan terminal sedang dalam prose termasuk fasilitas lain akan segera dikerjakan,” kata Edy saat kunjungan kerja ke Kabupaten Madina, Rabu (30/8).

Mantan Pangkostrad ini menyebut untuk tahap awal pembangunan Bandara Malintang diperkirakan akan selesai pada akhir tahun. Pembangunan selanjutnya atau tahap kedua dan ketiga untuk melengkapi berbagai fasilitas lainnya.

Edy berharap kehadiran bandara di Kabupaten Mandailing Natal dapat membantu mobilitas masyarakat terutama yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

"Diharapkan akan mempermudah mobilitas masyarakat, apalagi dari sini jarak tempuhnya agak jauh ke bandara terdekat seperti  ke Bandara FL. Tobing atau Silangit,” tutur Edy.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mengusukan agar bandara di Madina itu diberi nama Jenderal Besar TNI Dr Abdul Haris Nasution.

Menurutnya, nama AH Nasution sangat tepat mengingat pahlawan nasional asal Sumut itu kelahiran dari wilayah tersebut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebut pembangunan bandara Malintang di Kabupaten Mandailing Natal sudah mencapai 50 persen dan akan rampung Desember 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News