Wapres KH Ma’ruf Amin Hadiri Ikrar Keberagaman JMBI di Sumut Jelang Pemilu 2024

Kamis, 19 Oktober 2023 – 18:05 WIB
Wapres KH Ma’ruf Amin Hadiri Ikrar Keberagaman JMBI di Sumut Jelang Pemilu 2024 - JPNN.com Sumut
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menghadiri pembacaan ikrar keberagaman Jam'iyah Muslim Batak Indonesia (JMBI) di GOR Pancing, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (19/10). Foto: Dokumentasi JMBI

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JMBI) menggelar ikrar untuk merajut keberagaman nusantara menjelang Pemilu 2024 di GOR Pancing, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengucapan ikrar menjaga keberagaman ini dihadiri langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Ketua Umum DPP JMBI Arif Rahmansyah Marbun mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan besar. Pondasi ke-bhinekaan akan diuji saat menyambut pesta demokrasi pada Pemilu 2024. Padahal, menurutnya kondusifitas dalam memilih memimpin terbaik mutal dibutuhkan.

“Bangsa ini ada bangsa yang besar yang berdiri di atas keberagaman suku, ras, agama dan budaya. Ikrar yang dilaksanakan JMBI hari ini merupakan salah satu ikhtiar untuk merawat keberagaman dan menjaga nilai luhur,” kata Arif Rahmansyah, Kamis (19/10).

Arif menyebut keberagaman adalah rahmat dari Tuhan yang harus dijaga, Namun, keberagaman akan menjadi masalah kalau anak bangsa tidak merawatnya.

Dia berharap perbedaan, termasuk pilihan politik pada Pemilu 2024, tidak membuat anak bangsa menjadi terpecah belah dalam kehidupan sehari-hari.

“Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan nafas yang menjadi komitmen kita semua untuk maju bersama. Diperkuat falsafah Batak dalihan na tolu, warisan berharga yang menjadi modal masyarakat Sumatera Utara dalam menjaga toleransi terhadap perbedaan," ungkap Arif.

Kegiatan ikrar merajut keberagaman ini dihadiri setidaknya 12 ribu orang dari elemen masyarakat lintas agama, suku, dan budaya demi mewujudkan Indonesia yang kuat dan tanggih.

"Perbedaan, apalagi terkait pilihan politik, itu biasa. Perbedaan harus kita jadikan kekayaan, bukan malah justru jadi perdebatan," tambahnya.

Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JMBI) mengucapkan ikrar merajut keberagaman di Sumatera Utara yang dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia