DPRD Minta Pemprov Sumut Segera Lakukan Mitigasi Virus Nipah

Rabu, 04 Oktober 2023 – 11:36 WIB
DPRD Minta Pemprov Sumut Segera Lakukan Mitigasi Virus Nipah - JPNN.com Sumut
Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) Baskami Ginting berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) segera melakukan mitigasi virus Nipah untuk mencegah penularan di masyarakat. Menurutnya, mitigasi sangat penting agar masyarakat mengenali sejak dini gejala dan cara mencegah penularan virus tersebut.

“Harus segera dilakukan upaya agar masyarakat mengetahui bagaimana cara yang benar dalam mencegah, pola penularan dan gejala apa yang muncul bila terjangkit,” kata Baskami di Medan, Selasa (3/10).

Baskami mengatakan kendati sejauh ini belum ada laporan ditemukannya kasus Nipah di Sumut, tetapi Pempov Sumut harus mengambil langkah pencegahan dan melakukan monitoring.

“Ambil langkah cepat bila ada temuan kasus tersebut, segera lakukan penelitian sehingga bisa memutus ranati penularan,” ujar Baskami.

Dia meminta Pemprov Sumut meningkatkan pengawasan di jalur masuk seperti bandara, pelabuhan dan terminal sebagai langkah antisipasi.

Pemprov Sumut juga diminta memperkuat koordinasi dengan pihak Bandara Kualanamu, pelabuhan-pelabuhan yang ada, sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, Kemenkes menyampaikan panduan bagi masyarakat untuk mencegah serta mengobati sakit akibat virus Nipah yang menular dari hewan ke manusia.

"Virus Nipah yang merebak di India bukanlah virus baru. Virus ini telah ada sejak puluhan tahun lalu," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting meminta Pemprov Sumut segera melakukan upaya pencegahan terhadap virus Nipah agar masyarakat mengetahui
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News