Legislator: Pemkot Medan Harus Berinovasi dan Kreatif Tangani Kemiskinan Ektrem

Selasa, 03 Oktober 2023 – 08:00 WIB
Legislator: Pemkot Medan Harus Berinovasi dan Kreatif Tangani Kemiskinan Ektrem - JPNN.com Sumut
Kondisi kehidupan warga di Medan Belawan di tengah Banjir rob yang merendam ratusan rumah di kawasan tersebut. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Haris Kelana Damanik mengkritisi upaya penanganan kemiskinan ekstrem yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

Dia menyebut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus lebih kreatif dalam menangani persoalan kemiskinan ekstrem di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu.

"Kami menilai untuk program pengentasan kemiskinan ekstrem dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pemkot Medan perlu inovasi agar lebih kreatif," kata Haris Kelana Damanik, Senin (2/10).

Haris menyebut penilaian tersebut lantaran angka kemiskinan di Kota Medan masih cukup tinggi.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Medan terakhir menyebut angka kemiskinan di Kota Medan hingga kini tercatat sekitar 8,07 persen atau sebanyak 187 ribu jiwa lebih.

Hal tersebut, lanjutnya, disebabkan kolaborasi antara OPD terkait dengan pemerintahan di kecamatan dan kelurahan belum berjalan.

Pemerintah di kelurahan hingga tingkat lingkungan semestinya lebih cermat dalam melakukan pendataan warga miskin pada masing-masing wilayah, sehingga penanganannya tepat sasaran.

"Ini karena penanganan Pemkot Medan selama ini belum maksimal dalam menurunkan jumlah penduduk miskin, sehingga terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya," kata Haris.

DPRD Kota Medan mendesak agar Pemkot Medan melakukan inovasi dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kota Medan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia