Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Malam Hari Berpotensi Hujan, Waspada Banjir

Kamis, 28 September 2023 – 18:34 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Malam Hari Berpotensi Hujan, Waspada Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di sebagian wilayah Sumatera Utara. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Kamis (28/9) sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung menyampaikan sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan, seperti di wilayah lereng Timur, pegunungan dan pantai Barat.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dapat berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” kata Martha.

Martha mengatakan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Kondisi tersebut diprakirakan terjadi di wilayah Langkat, Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

Beranjak malam, cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wiayah Deli Serdang, Binjai, dan sekitarnya.

Sedangkan dini hari, kata Martha, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah lereng Timur Sumatera Utara, misalnya di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara diperkirakan berada pada 16-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berembus dari Tenggara – Barat daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, waspada banjir dan longsor!

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News