BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Akibat Hujan Lebat di Pegunungan Sumut

Senin, 18 September 2023 – 18:36 WIB
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Akibat Hujan Lebat di Pegunungan Sumut - JPNN.com Sumut
BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi hujan sedang hingga lebat. Ilustrasi Foto: Antara/Irsan Mulyadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteoroogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini bagi masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) atas potensi terjadinya banjir dan longsor dampak dari intensitas hujan yang terjadi di pegunungan, Senin (18/9).

Prakirawan BBMKG Lestari Irene Purba menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada sore dan malam hari.

“Potensi hujan terjadi di kawasan pantai Barat, pantai Timur, lereng Timur dan pegunungan Sumatera Utara. Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan longsor,” kata Lestari Irene Purba.

Dia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terhadap potensi terjadinya banjir dan longsor akibat hujan lebat.

Secara umum, kata Lestari, cuaca di Sumatera Utara pada pagi berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, sebagian wilayah di Sumut berawan dan berpotensi hujan di sebagian wilayah lainnya.

Potensi hujan dapat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Pulau Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas lebat, di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Dairi, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Simalungun, Asahan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, P. Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat menyebabkan longsor dan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News