17 SMK di Sumut Ditunjuk Kemendikbudristek Sebagai Pusat Keunggulan

Rabu, 16 Agustus 2023 – 08:00 WIB
17 SMK di Sumut Ditunjuk Kemendikbudristek Sebagai Pusat Keunggulan - JPNN.com Sumut
Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Asren Nasution. Foto: Antara/Anggi Luthfi Panggabean

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sumatera Utara sebagai sekolah pusat keunggulan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution mengatakan penunjukan tersebut sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 60/D/O/2023 Tanggal 10 Agustus 2023 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Baru Tahap 1 Tahun 2023.

Dia mengatakan terpilihnya 17 SMK di Sumatera Utara sebagai pusat kunggulan memberi harapan baru untuk pendidikan kejuruan yang berkualitas.

“Penetapan (17 SMK) ini memberi harapan baru bagi pendidikan kejuruan yang berkualitas di Provinsi Sumatera Utara,” kata Asren Nasution, Selasa (15/8).

Asren mengatakan sebelumnya pendidikan kejuruan di Sumut mendapatkan penghargaan dari Kemendikbudristek melalui Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 26/D/O/2023 Tanggal 17 April 2023 dan Nomor 33/D/O/2023 Tanggal 17 Mei 2023 tentang Penetapan SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan Baru Tahap 1 dan Tahap 2 Tahun 2023, yaitu SMK Negeri 8 Medan dan SMK Negeri 2 Kisaran.

Dia mengatakan keputusan ini disambut gembira oleh komunitas pendidikan dan industri di Sumut.

Menurutnya, filosofi penetapan SMK sebagai pelaksana Pusat Keunggulan bahwa 19 sekolah kejuruan di Sumatera Utara ini telah membuktikan prestasi gemilang, komitmen kuat terhadap kualitas pendidikan dan kesiapan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia kerja.

“Selain itu, SMK-SMK ini juga telah melangkah sejalan dengan visi untuk menciptakan lulusan vokasi yang siap berkontribusi di berbagai sektor industri,” ungkap Asren.

Kemendikbudristek menunjuk 17 SMK di Sumatera Utara sebagai sekolah kejuruan Pusat Keunggulan dan menjadi harapan baru bagi peningkatan kualitas pendidikan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia