Gebrakan Perdana Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam, Bongkar Pembalakan Hutan Bakau di Langkat

Jumat, 04 Agustus 2023 – 15:53 WIB
Gebrakan Perdana Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam, Bongkar Pembalakan Hutan Bakau di Langkat - JPNN.com Sumut
Pemilik ????membongkar dapur arang berbahan kayu bakau (mangrove) di Kabupaten Langkat. Foto: Antara /H0- Humas Polda Sumut

sumut.jpnn.com, LANGKAT - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Agung Setya Imam Effendi membongkar praktik pembalakan liar hutan bakau atau mangrove di pesisir pantai timur Sumatera Utara, tepatnya di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan, Kabupaten Langkat.

Irjen Agung langsung turun ke lokasi pembalakan hutan bakau tersebut. Dalam penindakan tersebut dua pelaku inisial SP dan JL diamankan petugas.

“Penindakan ini merupakan komitmen Polda Sumut melindungi lingkungan dan masyarakat,” kata Irjen Agung dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (3/8).

Dia menegaskan perusakan hutan bakau yang kian masif akan merusak ekosistem dan merugikan masyarakat, Terlebih, dari lokasi diketahui mangrove yang ditebang para pelaku berukuran 3-4 centimeter dan tinggi 3 meter.

Mantan Kapolda Riau ini menyebutkan dari hasil penyidikan Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Ditreskrimsus Polda Sumut diketahui bahwa kayu bakau tersebut digunakan untuk membuat arang yang selanjutnya di ekspor ke luar negeri.

Diduga kuat eksportir di Kota Medan sengaja memanfaatkan warga lokal untuk menebang pohon bakau dan mengelolanya menjadi arang yang kemudian dijual ke luar negeri seharga Rp 4000 per kilogram.

"Mangrove ini menjadi isu yang penting untuk kita selamatkan. Polda Sumut melakukan penegakan hukum hutan mangrove. Sudah kita temukan dua orang dan dilakukan penangkapan dan proses hukum," ucapnya.

Kapolda mengatakan akibat perambahan hutan bakau di wilayah itu, nelayan kesulitan mencari ikan karena tanaman yang menjadi habitat ikan telah rusak bahkan habis.

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi membongkar praktik pembalakan liar hutan bakau atau mangrove di Kabupaten Langkat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia