Blangko Terbatas, Disdukcapil Kota Medan Prioritaskan Pemilih Pemula Urus KTP El

Senin, 31 Juli 2023 – 06:00 WIB
Blangko Terbatas, Disdukcapil Kota Medan Prioritaskan Pemilih Pemula Urus KTP El - JPNN.com Sumut
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Baginda Siregar. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Sumatera Utara, akan memprioritaskan pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi warga yang berusia 17 tahun atau sebagai pemilih pemula.

Hal tersebut dilakukan mengantisipasi situasi keterbatasan blangko KTP-el yang mulai terjadi di Kota Medan.

“Persediaan blangko KTP-el saat ini terbatas, sehingga kami prioritaskan pengurusan kartu penduduk itu bagi warga yang baru pertama kali mengurus KTP-el,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Baginda Siregar, Sabtu (29/7).

Dia menjelaskan keterbatasan blangko tersebut disebabkan oleh banyaknya warga dari luar Kota Medan yang mengurus dan melakukan pencetakan KTP-el baik di kantor lurah maupun di kantor kelurahan.

Badinda mengatakan saat ini pihaknya melakukan upaya ‘jemput bola’ untuk perekaman KTP-el bagi pemula yaitu dengan mendatangi sekolah SMA/sederajat tiga kali dalam sepekan, yakni pada Senin, Selasa dan Rabu.

“Sistem ini diterapkan untuk memberikan kemudahan bagi pemula dalam mengurus dan mendapatkan KTP-el,” ujarnya.

Hal itu juga dilakukan dalam rangka mempersiapkan Pemilu 2024. Para remaja yang sudah punya hak suara akan ikut pemilu dan salah satu syaratnya adalah memiliki KTP-el.

Badinda menyebut untuk menyikapi keterbatasan blangko, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kementerian Dalam Negeri agar bisa memenuhi kebutuhan blangko di Kota Medan.

Disdukcapil Kota Medan menyebut terjadi keterbatasan jumlah blangko KTP-el di wilayah tersebut dan akan memprioritaskan pencetakan bagi pemilih pemula
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia