Pemkot Medan Terget 1.000 UMKM Naik Kelas Hingga Tahun Depan, Ini yang Akan Dilakukan!

Sabtu, 29 Juli 2023 – 06:00 WIB
Pemkot Medan Terget 1.000 UMKM Naik Kelas Hingga Tahun Depan, Ini yang Akan Dilakukan! - JPNN.com Sumut
Pelaku UMKM yang memproduksi sepatu rajut bekerja di stannya pada kegiatan "Bulan Layanan UMKM" di Medan, Rabu (28/6/2023). Foto: Antara/Michael Siahaan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan akan terus mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus berbenah dan mampu bersaing di pasaran. Pemkot Medan menargetkan hingga tahun depan ada 1.000 UMKM yang akan naik kelas dengan melakukan beberapa upaya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Nasution mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pendampingan dan melengkapi berbagai syarat administrasi.

“Target kami kalau bisa lebih dari 1.000 UMKM yang akan naik kelas,” kata Benny Nasution, Jumat (28/7).

Dia mengatakan upaya yang terus dilakukan adalah memberikan pelatihan hingga membantu pelaku UMKM untuk mengurus beberapa administrasi yang dibutuhkan misalnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) secara gratis, mempermudah pengurusan izin usaha dan mendampingi UMKM hingga memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Selain itu, kami juga mau membuat Rumah Kemasan yang bisa beroperasi mulai September 2023," ungkapnya.

Benny mengatakan Rumah Kemasan untuk membantu UMKM membuat kemasan produknya itu akan dibangun di Pusat Industri Kecil, Kecamatan Medan Denai.

Berdasarkan data, jumlah pelaku UMKM di Kota Medan yang naik kelas terus meningkat dan mencapai 489 UMKM hingga Juni 2023.

Pada 2021 jumlah UMKM ada 192 dan bertambah 225 pada 2022, serta tahun ini bertambah 72 UMKM terhitung Januari – Juni 2023.

Pemkot Medan menargetkan hingga tahun depan ada 1.000 pelaku UMKM di Kota Medan akan naik kelas
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News