170 Produk UMKM di Kota Medan Mejeng di Katalog Elektronik, Omzet Mencapai Ratusan Juta

Jumat, 09 Juni 2023 – 08:00 WIB
170 Produk UMKM di Kota Medan Mejeng di Katalog Elektronik, Omzet Mencapai Ratusan Juta - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Sejumlah pengunjung di stan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan, pada MTQ ke-56 tingkat Kota Medan, Sumut. Foto: Antara/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus memperkuat dan mendorong pemasaran produk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui digitalisasi. Hingga saat ini 170 produk UMKM telah terdaftar dan tayang di katalog lokal Kota Medan.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution mengatakan jumlah produk UMKM yang sudah terdaftar jumlahnya sudah ratusan.

"Terhitung sampai 17 Januari 2023 ada 170 produk UMKM yang telah tayang di katalog elektronik lokal Kota Medan," ucap Benny Iskandar Nasution di Medan, Kamis (8/6).

Dia menjelaskan jumlah produk UMKM yang sudah tayang di katalog elektronik itu berdasarkan data Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Medan.

Benny menyebut 170 jenis produk yang sudah mejeng dalam katalog itu terdiri dari makanan dan minuman 70 UMKM, alat tulis kantor 15 UMKM, pakaian dinas dan kain tradisional Kota Medan tujuh UMKM.

Kemudian sepatu produksi UMKM Ibukota Provinsi Sumatera Utara berjumlah 11 UMKM, seragam sekolah sebanyak dua UMKM dan suvenir dua UMKM.

Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa/Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Setda Kota Medan Alex Sinulingga memaparkan data transaksi penyedia UMKM sepanjang 2022 didominasi produk makanan dan minuman.

"pada 2022 nilai transaksi penyedia UMKM produk makanan dan minuman sebesar Rp 26.798.080.660, sepatu produk UMKM Kota Medan mencapai Rp 2.067.545.907, alat tulis kantor Rp 137.107.300, serta pakaian dinas dan kain tradisional Rp 54.507.500," ungkapnya.

Pemkot Medan terus mendorong pelaku UMKM agar mendaftarkan produknya di katalog elektronik untuk mempermudah pemasaran
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News