PPDB Sistem Zonasi Dinilai Hambat Siswa Berprestasi, Edy Rahmayadi: Jangan Samakan Jakarta dengan Sumut

Minggu, 23 Juli 2023 – 16:57 WIB
PPDB Sistem Zonasi Dinilai Hambat Siswa Berprestasi, Edy Rahmayadi: Jangan Samakan Jakarta dengan Sumut - JPNN.com Sumut
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Foto: Antara/Anggi Luthfi Panggabean

sumut.jpnn.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengevaluasi pembagian zona atau sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dinilai tidak berkeadilan.

Dia menyebut sistem ini justru menghambat siswa-siswa berprestasi mendapat sekolah yang bagus lantaran dibatasi oleh sistem zonasi.

“Infrastruktur (pendidikan) di Medan berbeda-beda. Tidak bisa kalau pakai zonasi, prioritas (murid) yang mana nanti yang akan di ajar (terima). Kalau di Jakarta di ujung dan di tengah, itu infrastruktur pendidikannya sudah sama, (kualitas) gurunya sudah sama. Jadi, jangan disamakan (kondisi) daerah yang sudah maju dengan daerah yang sedang berusaha untuk maju,” tegas Edy Rahmayadi, Sabtu (22/7).

Mantan Pangkostrad ini menyebut bahwa ia sudah melaporkan persoalan sistem zonasi yang dinilai tidak objektof tersebut kepada Presiden RI Jokowi dan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

“Sudah ketiga kalinya hal ini saya sampaikan, pertama kepada Bapak Presiden, Mendikbudristek dan ketiga ini kepada media,” ujarnya.

Selain dinilai tidak objektif lantaran memantasi kesempatan bagi siswa berprestasi mendapat sekolah yang bagus, sistem tersebut juga sarat kecurangan. Misalnya, kata Edy, ada masyarakat yang memilih pindah alamat demi memenuhi syarat zonasi agar lulus di sekolah yang diinginkan.

Oleh sebab itu, ia berharap pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek dapat mempertimbangkan untuk dilakukan evaluasi sistem zonaasi. Bahkan, Edy menginginkan sitem penerimaan siswa ini dikembalikan pada sistem lama yakni melalui seleksi tertulis.

Dengan demikian, lanjutnya, akan tercipta persaingan yang adil bagi seluruh anak didik dan sehingga menumbuhkan motivasi bagi siswa untuk belajar dengan giat untuk masuk ke sekolah yang diinginkannya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek mengevaluasi sistem zonasi PPDB yang dinilai tidak objektif
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia