Pelni Medan Sebut Antusias Masyarakat Tetap Tinggi Pasca-Penyesuaian Harga Tiket

Jumat, 21 Juli 2023 – 22:54 WIB
Pelni Medan Sebut Antusias Masyarakat Tetap Tinggi Pasca-Penyesuaian Harga Tiket - JPNN.com Sumut
KM Kelud milik PT Pelni ketika bersandar di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melakukan penyesuaian tarif atau kenaikan tiket kapal penumpang dan perintis yang mulai berlaku sejak 1 Juli 2023. Penyesuaian tarif secara nasional itu berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 7 dan Nomor 8 Tahun 2023.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana mengatakan kendati telah dilakukan penyesuaian tiket penumpang, antusias masyarakat menggunakan transportasi laut yaitu KM Kelud dari Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, terus meningkat.

"Meski terjadi penyesuaian tarif angkutan, tetapi antusias masyarakat menggunakan KM Kelud terus meningkat. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat masih mempercayakan kapal, khususnya Pelni sebagai alat transportasinya," kata Biwa di Medan, Jumat (21/7).

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini permintaan tiket KM Kelud dari Pelabuhan Bandar Deli dengan tujuan Batam, terus meningkat.

Biwa menyebut dalam tiga minggu terakhir jumlah penumpang KM Kelud berstatus penuh karena masih dalam suasana libur lebaran.

Bahkan, lanjutnya, pada rentang tanggal 4 sampai 11 Juli 2023 jumlah penumpang KM Kelud keberangkatan dari Pelabuhan Bandar Deli, mencapai batas tertinggi dari dispensasi yang diizinkan Menteri Perhubungan yaitu 3.741 orang. Sedangkan dalam keadaan normal jumlah penumpang 2.607 orang.

"Pada 'peak season' jumlah penumpang berkisar antara 3.100 - 3.500 orang dan rata-rata penuh. Sedangkan pada 'low season' jumlah penumpang rata-rata 1.200 - 2.000 orang," ungkapnya.

Biwa Abi juga mengatakan penyesuaian tarif kapal laut itu akan diikuti oleh peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa KM Kelud. Salah satu pelayanan yang akn ditingkatkan pihaknya yaitu sistem makan di kapal yang selama ini harus mengantre, ke depan akan langsung diantar ke penumpang di setiap kelas.

PT Pelni Cabang Medan menyebut antusias masyarakat menggunakan transportasi KM Kelud meningkat meski terjadi kenaikan harga tiket
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News